CYBER BANTEN – Menindaklanjuti hasil Konsinyering Pembinaan dan Penataan Ketatalaksanaan yang diselenggarakan Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kantor Wilayah Kemenkumham Banten menggelar evaluasi standar pelayanan pada hari Jumat (3/5/2024). Evaluasi ini bertujuan untuk memastikan standar pelayanan di Kantor Wilayah Kemenkumham Banten sesuai dengan standar nasional dan memaksimalkan pelayanan publik bagi masyarakat.
Kepala Divisi Administrasi Nur Azizah Rahmanawati menjelaskan bahwa standar pelayanan di seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham di Indonesia saat ini telah diseragamkan. Namun, evaluasi tetap diperlukan untuk memastikan kecocokan standar pelayanan dengan kondisi dan kebutuhan di wilayah Banten.
“Evaluasi ini penting untuk memastikan bahwa standar pelayanan yang diterapkan di Kantor Wilayah Kemenkumham Banten tepat sasaran dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat di wilayah Banten,” ujar Nur Azizah Rahmanawati.
Lebih lanjut, Nur Azizah Rahmanawati menekankan bahwa standar pelayanan yang disusun harus meliputi seluruh aspek penyampaian pelayanan (service delivery) dan pengelolaan pelayanan (manufacturing). Standar pelayanan ini harus jelas, terukur, dan mudah dipahami oleh masyarakat.
“Standar pelayanan yang baik harus transparan dan akuntabel agar masyarakat dapat menilai kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Banten,” tutur Nur Azizah Rahmanawati.
Dalam rangka memenuhi 14 komponen standar pelayanan, Nur Azizah Rahmanawati menekankan pentingnya sinergisitas dan kolaborasi antar seluruh divisi di Kantor Wilayah Kemenkumham Banten.
“Evaluasi ini merupakan upaya berkelanjutan Kantor Wilayah Kemenkumham Banten untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan pelayanan yang prima bagi masyarakat,” tandas Nur Azizah Rahmanawati.
Monitoring dan evaluasi standar pelayanan ini diikuti oleh para administrator dan pengawas di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Banten.
*/Red